Cara Memberi Penomoran Otomatis di Autocad


Halo! Suatu hari ketika saya sedang asyik bekerja teman lama saya menghubungi dan bertanya kepada saya “bagaimana perkembangan blogmu?”, kemudian saya tidak langsung merespon pertanyaan dia dan berfikir mengawang ke belakang “saya punya blog?”


Maka dari itu izinkan saya meminta maaf dengan membuat tutorial di blog yang usang ini (gaada yang peduli 😒)


Oke back to topic ..


Pernah ga sih malas setiap menggambar harus memberi penomoran yang berbeda pada setiap gambar? Mending kalo hanya satu, lah kalo puluhan?ratusan? Hehehe ..


Saya ada triknya ..


Yang pertama saya akan membuat sampel dulu, disini saya akan memberi penomoran otomatis pada kotak-kotak.


Buat text (T), kemudian copy(CO) ke tiap box yang mau di beri penomoran otomatis.


Kemudian setelah memberi text ke semua objek yang akan diberi penomoran otomatis ketik command “TCOUNT”


Setelah itu select object text yang telah dicopy ke beberapa object tadi bisa satu persatu, bisa langsung di block.


Klik Enter 


Setelah itu akan muncul pilihan.

X : penomoran dari horizontal kiri ke kanan
Y : penomoran dari vertikal atas ke bawah
Select order : penomoran dari object pertama yang dipilih


Setelah itu muncul option untuk nomor berapa yang akan dimulai penomorannya (jika agan pilih 1 akan dimulai dari 1, 2, 3.. dst)


Kemudian enter, dan akan muncul pilihan


Overwrite : Mengganti keseluruhan nomor
Prefix : memberi penomoran pada depan text
Suffix : memberi penomoran pada belakang text
Find & replace : mencari dan mengganti text


Hasil pengurutan nomor.

Overwrite


Prefix


Suffix



Ok sekian dulu post kali ini semoga bermanfaat, Adios !!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Tidak Bisa Save As AutoCAD

Cara Mengubah Skala Ukuran di AutoCAD