Cara Menggunakan Multiline Autocad

Halo! di post kali ini saya akan menjelaskan cara membuat multiline di AutoCAD. Bagi yang belum tahu, multiline adalah suatu perintah untuk membuat lebih dari 1 garis yang sejajar. Bingung? sama gan, hehehe.


Oke daripada bingung kita praktikan saja ..


Pertama saya akan buat suatu contoh denah kamar mandi simple gan, ukuran 2,5m  X 2m dan sudah terpasang pintu ukuran 80 cm dan saya mau menggunakan perintah multiline untuk membuat dindingnya.


Ketik MLSTYLE pada keyboard.


Kita akan dialihkan ke kotak dialog klik saja New.


Saya akan mengisi dinding karena saya mau buat dinding, hehehe.


Setelah klik continue muncul kotak dialog baru yang saya tunjuk panah adalah untuk mengatur lebar dari garis sejajar yang kita buat. Disini saya akan buat 4 garis yaitu 2 untuk garis luar (plesteran) dan 2 untuk garis dalam (batu batanya) perlu diingat jika kita membuat 2 garis sejajar angka yang tidak ada simbol minus untuk bagian yang luar dan angka yang ada simbol minus (-) untuk bagian dalamnya. untuk agan-agan bisa di kembangin sendiri OK ? setelah itu ok saja.



Setelah itu klik set current dan ok.



Disini kita ketik ML untuk command multiline.


  1. ketik ML

  2. Justification artinya untuk posisi kita memulai garis, bisa di atas di tengah ataupun di bawah

  3. Scale untuk menskala garis itu sendiri, bisa 1 : 1, 1: 10 dst.



  • Top untuk memulai garis di atas

  • Zero untuk memulai garis di tengah

  • Bottom untuk memulai garis di bawah


Dan selanjutnya ketik saja SC, maka akan ada tulisan seperti ini, ketik saja skala yang akan digunakan. Disini saya menggunakan skala 1 : 1 jadi saya ketik angka 1.



Walla .. This is it, hehehe



Saya kira cukup untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf dan bila ada yang perlu dipertanyakan bisa tinggalkan jejak dengan komentar di bawah atau bisa kontak saya pasti saya jawab. Adios!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Tidak Bisa Save As AutoCAD

Cara Memberi Penomoran Otomatis di Autocad

Cara Mengubah Skala Ukuran di AutoCAD